Ahad, 23 Februari 2020

Workshop vlog meriahkan acara jurnalis cilik Muhammadiyah Surabaya. Di acara ini juga diadakan lomba vlog dan fotografi. Kegiatan digelar di KFC Ahmad Yani, Sabtu (22/2/2020).

Workshop vlog diikuti sebanyak 65 jurnalis cilik dari sekolah dasar se Kota Surabaya. Mereka  berpartisipasi dalam ajang yang baru pertama kali digelar di tempat ini.

Sebagian besar peserta didominasi oleh tim jurnalis cilik Muhammadiyah, di antaranya SD Muhammadiyah 4, 6, 7, 8, 11, 15, 16 Surabaya, serta SD Muhammadiyah 1 dan 2 Waru Sidoarjo.

Koordinator Workshop Ustadz Galih menjelaskan, teknis pelaksanaan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, pemaparan materi tentang nge-vlog yang disampaikan oleh Pemimpin Redaksi PWMU.TV Faishol Taselan.

Dalam materi vlog dipaparkan bagaimana teknik pengambilan gambar yang baik, alat yang digunakan, kepercayaan diri di hadapan kamera, dan yang lebih penting bagaimana membuat ide yang menarik untuk vlog.

Peserta diberi kesempatan langsung mempraktikkan bagaimana menjadi kameramen dan reporter seperti di layar televisi memakai kamera HP.

”Untuk membuat konten video, tidak harus menggunakan alat mahal seperti kamera ini. Namun bisa menggunakan kamera HP,” paparnya di hadapan peserta. ”Jadi jangan gunakan HP untuk bermain game saja. Tapi gunakanlah untuk hal positif seperti nge-vlog ini,” tambahnya.

Praktik Vlog dan Fotografi

Sesi kedua, seluruh peserta diberi kesempatan untuk berkompetisi membuat video vlog dan fotografi di sekitar area workshop.

Beragam aksi dan teknik diperagakan oleh peserta untuk unjuk kebolehannya setelah mendapat materi dari pemateri Faishol.

Foto-foto yang dihasilkan peserta cukup menarik. Mengabadikan aktivitas orang-orang di dalam dan sekitar area worskshop.

”Anak milenial memang berbakat dalam hal pengambilan gambar, asal mereka harus selalu diarahkan dan didampingi oleh orang tua,” tuturnya.

Tim Jurnalis Cilik Muhlas 3 (JCM) membuka lembaran baru di bulan kedua, tahun ini. Tim binaan SD Muhammadiyah 11 Surabaya kembali mengukir prestasi di bidang jurnalistik.
Sebanyak 7 jurnalis cilik mengikuti lomba vlog dan fotografi KFC 2020, pada Sabtu (22/2/2020). Meski, yang berlomba merupakan ‘the new comer’, tak mengurangi semangat tim Jurnalis Muhlas meraih prestasi.


Dalam lomba yang baru diadakan pertama kali, tiga Jurnalis Cilik Muhlas, Annisa Nayla (kelas 5 Al Furqon) menjadi Juara 2 lomba Vlog, Puan Kalila Yusuf (kelas 5 Asy Syura) mempersembahkan Juara 1 lomba Fotografi dan Frisca Zanetta Zaskia Devi (kelas 5 Al Furqon) menyumbangkan Juara 3 Lomba Fotografi.
Namun, di balik kesuksesan menyumbangkan tiga gelar, tim JCM sempat dihinggapi perasaan cemas karena salah satu anggota sakit. “Friska sempat mengalami sakit. Dampaknya dia tidak masuk sekolah selama dua hari,” tutur Manager Tim JCM, Melissa Aprilia Devi.
Namun, hikmah yang dialami Frisca ternyata berujung prestasi. ” Alhamdulillah. Sakit tenggorokan sudah sembuh jelang tiga hari lomba. Dengan musibah ini, saya sangat bersyukur mendapatkan  dukungan dan doa dari tim JCM, Orang Tua, dan wali kelas. Juara 3 ini, ku persembahkan untuk orang tua, pihak Sekolah dan tim JCM,” tutur siswi yang akrab dipanggil Ica.
Dengan keberhasilan dua siswi di kelasnya menyumbangkan prestasi untuk sekolah, Ustadzah Mursia menyatakan sangat bangga atas torehan prestasi Frisca dan Nayla. “Mereka merupakan siswi hebat. Tidak hanya pintar secara akademik. Tapi, mereka juga membuktikan diri potensi yang dimiliki dan bermental pemenang. Selamat ya, untuk Frisca dan Nayla. Terima kasih untuk pembina Jurnalistik dan sumbangsih mereka kepada Sekolah patut di acungi dua jempol,” tegas Wali Kelas 5 Al Furqon yang kelahiran Tuban ini.
Sementara, Uztadzah Minarti menyatakan tidak menyangka Puan Kalila Yusuf bisa keluar sebagai Juara 1 lomba Fotografi. “Meski, kategori siswi yang cepat bosan terhadap mapel tertentu, bakat Puan memang suka memfoto. Jadi, Puan layak menyabet prestasi. Tapi, keberhasilan juara 1 lomba fotografi, sungguh diluar dugaan. Selamat, Puan atas prestasi. Terima kasih untuk pembina Jurnalistik yang bisa ‘menjinakkan’ salah satu siswi saya yang unik ini,” ujar Walasnya Puan.
Selain tiga pemenang, tim Jurnalis Cilik Muhlas juga mengirimkan lima duta lainnya, diantaranya Alifya Faizah (kelas 5 Al Mukmin), Bellinda Alayya (kelas 5 Asy Syura), Keysha Meidina (kelas 5 Al Furqon) dan Khansa Achya Ramadhani (kelas 4 Al A’laa).

Kak Tia, penyelenggara acara dan Public Relation KFC Ahmad Yani sangat bangga dan kagum dengan semangat  peserta yang jumlahnya  melebihi kuota.

”Ini pertama kalinya kami mengadakan acara seperti ini. Responnya luar biasa meriah. Selanjutnya kami akan terus bekerja sama dengan PWMU.TV untuk kegiatan seperti ini dengan materi yang berbeda,” ucapnya. (*)

Juara Lomba Jurnalistik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name - City
Membeli Product Time