Sumpah pemuda, salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Namun, disaat Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun, pemuda pemuda sekarang ini tidak seperti yang dulu. 

Dengan kondisi pandemi masih belum pergi, pemuda jaman now wajib tetap semangat yang menegaskan cita cita berdirinya negara Indonesia.

Dalam sejarah negeriku, Sumpah pemuda dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia (sekrang bernama Jakarta). Kalimat “Tanah air Indonesia”, “Bangsa Indonesia” dan “bahasa Indonesia”, sangatlah jelas menegaskan cita-cita Ibu Pertiwi.

Nurul Wahyuni menyatakan makna sumpah pemuda, banyak sekali hal yang positif, yang bisa contoh dalam memperingati hari sumpah pemuda. “Kita sebagai kaum semestinya meneladani semangat para tokoh bangsa yang telah berjuang untuk melopori lahirnya sumpah pemuda,” kata wali murid kelas 4 Al A’alaa.

Dihari Sumpah Pemuda ke 92 tahun, semangat para
pemuda Indonesia untuk membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme. “Para pemuda pemudi Indonesia bersatu tanpa membedakan rasa kedaerahan agar memperkokoh dan mempertebal rasa persatuan,” urai Bunda Nurul. 

Sumpah Pemuda sangat penting untuk diperingati karena merupakan simbol kesatuan bangsa dan menjadi semangat bagi kaum pemuda pemudi Indonesia untuk lebih cinta terhadap bangsa Indonesia. (Penulis: Nadiyah Citra Arifani/siswi kelas 4 Al A’laa)

Memaknai Sumpah Pemuda

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name - City
Membeli Product Time