Dalam dunia Jurnalistik, menulis merupakan pondasi utama untuk mengabarkan atau menginformasikan kepada khalayak (umum).

Ditengah, hambatan memulai menulis berita bagi jurnalis pemula, KLIKMU.CO mengadakan coaching clinic menulis berita, pada Jum’at (10/6/2022) pagi di gedung pusat dakwah PDM (Pengurus Daerah Muhammadiyah) Kota Surabaya.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat PDM Surabaya ini di ikuti sebanyak 12 anak didik dari SD Muhammadiyah 11 Surabaya, SD Muhammadiyah 4 Surabaya, SD Muhammadiyah 15 Surabaya, dan SD Muhammadiyah 26 Surabaya, 2 pelajar SMP Muhammadiyah 7 Surabaya, 2 murid SMK Muhammadiyah 1 Surabaya, dan 2 anak didik SMK Muhammadiyah 2 Surabaya.

Para jurnalis pemula mendapatkan pencerahan seputar penulisan berita. Untuk menulis berita, tidak hanya memperhatikan penulisan judul saja.

Pemateri, Muhammad Syaraffah
menyampaikan penulisan harus menggunakan 5W plus 1 H.

“Dalam menulis berita dengan 5W+1H agar bisa rutut atau urut informasi yang bisa disampaikan,” tutur Sang Narasumber coaching klinik calon kontributor KLIKMU.CO.

Pada kegiatan ini, para jurnalis pemula diberi tantangan untuk membuat tulisan berita. “Disini, ingin mengetahui para jurnalis pemula menulis berita terutama judul berita dan menggunakan format 4W + 1H,” ujar narsum yang akrab disapa Mas Raffah.

Sementara, Bella Aliyya mengungkapkan menulis berita harus mempunyai kelengkapan data yang akurat.

“Hal ini sangat penting supaya penyampaian informasi tidak berujung hoax,” kata siswi kelas 5 SD Muhammadiyah 11 Surabaya.

Bagi Bella, belajar menulis berita itu sangat mengasyikan. Dari penulisan ini, sang jurnalis turut berperan serta menyebarkan dakwah yang memberi manfaat kepada orang lain (Penulis: Nadiyah Citra Ariefani/kelas 5 SD Muhammadiyah 11 Surabaya)

“Jurnalis Pemula Jangan Berhenti Menulis”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name - City
Membeli Product Time