Gebyar peringatan Maulid Nabi SD Muhammadiyah 11 Surabaya diisi dengan berbagai jenis lomba Islami, Jumat (14/10). Sejak pagi pukul 06.00, siswa mulai berdatangan di sekolah dengan busana muslim serbaputih memasuki ruang kelas masing-masing.

Hari itu tidak ada pembelajaran seperti biasanya, karena diisi dengan kegiatan lomba-lomba antarkelas. Di antara lomba yang menarik perhatian para siswa yaitu Cerdas Cermat Maulid (CCM) yang dilaksanakan di Auditorium AR Fachruddin lantai empat gedung SD Muhlas.

Ketua Pelaksana Peringatan Maulid Nabi Ahmad Mujaddid menjelaskan, CCM ini menjadi spesial karena SD Muhlas beberapa tahun belum pernah mengadakan kegiatan tersebut. Karena itu, mereka manfaatkan sebagai ajang kompetisi antarkelas dalam menguji pengetahuan keislamannya.

“Kali ini kami khususkan bagi kelas IV-VI,” tuturnya.

Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Krembangan ini melanjutkan, selain lomba CCM tersebut, pihaknya tidak meninggalkan nilai-nilai keIslaman yang lainnya, yaitu ada lomba tartil, tahfidz dan mewarnai kaligrafi bagi jenjang kelas kecil (kelas I-III). Sedangkan jenjang kelas besar (kelas IV-VI) tetap ada tahfidz, tartil dan menulis kisah nabi Muhammad serta CCM tadi.

Menurut tim juri CCM ustad Fauzan Muslim, peserta lomba CCM terdapat 14 regu yang mewakili masing-masing kelas dari kas IV-VI. Untuk teknik pelaksanaan lomba CCM ini dibagi menjadi tiga babak, yaitu penyisian diambil 5 terbaik dengan sistem gugur, babak semifinal, dan grand final diambil  3 regu terbaik”. Tandasnya.

“Sebelum dilaksanakan lomba tersebut kisi-kisi sudah disampaikan kepada wali kelas masing-masing untuk dilatihkan kepada siswa yang menjadi perwakilan kelasnya. Sehingga tidak ada perbedaan materi antara kelas IV-VI,” tutur guru Al Islam tersebut.

Sekitar pukul 09.00 perlombaan CCM dimulai. Fauzan Muslim pun memberikan 10 isian singkat kepada semua regu dan harus selesai dalam waktu 10 menit. Hingga babak semifinal pun berlangsung, akhirnya tinggal tiga regu yang memasuki babak grand final.

Berbeda dari suasana sebelumnya yang meriah namun tertib. Kini tinggal tiga regu yang beradu ketepatan dan kecepatan dalam menjawab soal yang diberikan oleh tim juri Fauzan Muslim dan ustad Ahwan Hamid.

Sesekali suasana menjadi riuh oleh tepuk tangan dari masing-masing regu yang berhasil menjawab pertanyaan dan mendapat nilai 100. Babak final semakin membuat dag-dig-dug para konstestan karena keseruan para supporter yang semangat mendukung timnya suapaya menjadi juara. Dan 15 soal pun selesai dibacakan.

Hasil akhir pun diumumkan oleh Ahwan Hamid. Berikut para pemenang CCM:

Juara I Regu kelas 6 a: At Tiin. Regu kelas 6 At Tiin yang terdiri dari Akira Mas Syahzanani, Muhammad Hanif Arsyil, Muhammad Zaidan Putra Ariesta.

Sementara itu, Kepala Sekolah Mursiah SAg MPdI dihubungi melalui whatsapp karena sedang tugas luar sekolah menyampaikan, dia merasa bersyukur dan terimakasih kepada semua panitia telah melaksanakan lomba-lomba peringatan Maulid Nabi. Diharapkan dengan kegiatan tersebut mampu menyiapkan para siswa menjadi lebih kompetitif, sportif, dan senantiasa berfastabiqul khairat.

“Sebagai sekolah Islam mempunyai tanggung jawab yang besar dalam menanamkan nilai-nilai keIslamannya, salah satunya dengan diadakan lomba-lomba intern sekolah seperti saat ini, dan yang terpenting juga mampu meneladani Nabi Muhammad untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu siswa, guru dan orangtua,” tandasnya. (Muri/AS)

Lomba Cerdas Cermat Maulid Nabi SD Muhlas, Seru dan Meriah! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *