Kurang dari lima bulan masa semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023, SD Muhammadiyah 11 Surabaya Jawa Timur (SD Muhlas) sukses mengukir prestasi tingkat kota hingga nasional. Hal itu disampaikan oleh Kepala SD Muhlas Mursiah SAg MPd dalam apel pagi, Senin (12/12/2022).

Sebelum bel masuk dibunyikan, seluruh peserta apel pagi yang terdiri dari siswa kelas IV-VI sudah diberi aba-aba untuk membentuk barisan di halaman lantai satu SD Muhlas. Beberapa guru olahraga dan wali kelas membantu para siswa untuk membuat barisan sesuai jenjang kelas masing-masing.

Bel masuk pun berbunyi, pemandu apel pagi Hendro Setiawan SPd guru PJOK SD Muhlas memulai kegiatan.

Hadir sebagai pembina apel pagi kepala SD Muhlas Mursiah SAg MPd. Dalam sambutannya, Mursiah memberikan motivasi kepada para siswa untuk tetap semangat dalam belajar, walaupun penilaian akhir semester ganjil (PAS) sudah selesai.

“Semua usaha sudah kita lakukan, yaitu belajar mempersiapkan materi PAS. Kita tinggal perbanyak beribadah dan berdoa kepada Allah SWT. Jangan pernah tinggalkan shalat lima waktu dan baca Al-Quran, mudah-mudahan mendapatkan hasil yang maksimal,” pesan kepala sekolah.

Mursiah lantas menyampaikan syukur dan terima kasih kepada siswa siswi SD Muhlas yang dalam kurun waktu kurang dari lima bulan mampu mengukir banyak prestasi, baik tingkat kota hingga nasional. Sontak suasana halaman menjadi bergemuruh oleh tepuk tangan para peserta.

“Prestasi tidak hanya berdasarkan kemampuan akademik yang baik atau mendapatkan nilai ujian yang tinggi, melainkan prestasi nonakademik yaitu lomba-lomba dari minat dan bakat semua siswa harus diasah dan dilatih supaya mendapatkan hasil yang maksimal,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini pula, ia menyampaikan harapannya agar para siswa senantiasa terus mengukir prestasi sebagaimana slogan SD Muhlas, yaitu tiada hari tanpa prestasi.

“SD Muhlas berupaya mewadahi semua minat dan bakat para siswa dengan berbagai macam ekstrakurikuler, bahkan mulai tahun ajaran 2022-2023 ini akan diberikan beasiswa baik prestasi akademik, prestasi kejuaraan lomba, dan beasiswa tahfidz,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, Waka Bidang Kesiswaan sekaligus Koordinator Ekstrakurikuler SD Muhlas Fathanur Rosid SPd menjelaskan, kegiatan apel pagi ini sebagai penutup program kesiswaan khususnya upacara bendera setiap hari Senin sekaligus pemberian apresiasi kepada para siswa yang mendapatkan juara beberapa perlombaan mulai dari tingkat kota hingga tingkat nasional.

Rosid berharap, semua penghargaan diumumkan pada akhir semester ganjil ini supaya menjadi motivasi siswa lain untuk terus berusaha mengukir prestasi sesuai kemampuan masing-masing.

“Baik itu olahraga, seni, keterampilan maupun bidang akademik lainnya,” tandasnya.

Salah satu siswa, Bella Aliyya kelas VI An Naba, menyampaikan rasa bangga dan bahagianya di jenjang akhir sekolah dasar ini masih dipercaya menjadi duta SD Muhlas untuk mengikuti lomba membuat video kreatif.

“Senang dan terharu mendapat piala karena disaksikan teman teman dari kelas IV-VI,” ujarnya.

“Buat adik-adik kelas IV dan V semangat belajar dan berlatih yaa supaya bisa berprestasi sesuai bakatnya masing-masing,” pesan siswi yang mendapat juara III pembuatan video kreatif tingkat Kota Surabaya ini.

Berikut puluhan daftar prestasi lomba yang diikuti siswa siswi SD Muhlas:

  1. Juara I, II dan III Tapak Suci Kelas A Piala Dawid Shusnan Cup Kota Surabaya
  2. Juara I, II dan III Tapak Suci Kelas B Piala Dawid Shusnan Cup Kota Surabaya
  3. Juara I, II dan III Tapak Suci Kelas C Piala Dawid Shusnan Cup Kota Surabaya
  4. Juara II Panahan Spotic Kota Surabaya
  5. Harapan III Panahan Spotic Surabaya
  6. Harapan I Renang Putri Spotic Surabaya
  7. Harapan III Olimpiade Matematika Spotic Surabaya
  8. Juara I, III dan Favorit Lomba Video Kreatif Setia Edutainment Surabaya
  9. Penyaji terbaik Story Telling putra dan putri ME Award Jawa Timur
  10. Juara II Hoki se Jatim , Federasi Hoki Surabaya
  11. Juara I Woodball se Jatim, Koni Bangkalan Madura
  12. Juara II Floorball Koni Jawa Timur
  13. Juara III dan Best Design Robotik Line Tracer Design and Contest (LTDC) 2022⁣⁣
    TINGKAT NASIONAL, Universitas Negeri Malang
  14. Juara II dan III Nasional Robotik Analog Line Tracer, ITS Kota Surabaya
  15. Juara II dan III Nasional Robotik Analog Line Tracer, LKT Unesa Kota Surabaya

(Muri/AS)

Apel Pagi, Kepala Sekolah Beri Apresiasi Siswa-Siswi SD Muhlas yang Raih Prestasi Tingkat Kota hingga Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *