Surabaya, 20 Januari 2023. Guna meningkatkan kegiatan literasi siswa, paguyuban bekerja sama dengan Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) menggelar Workshop Pembuatan Komik Islami.

Mengundang Handri Satria Handjaya selaku Penulis & Comic Artist Islam bertajuk “Make Our Own Comic”, kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium A.R. Fachrudin lantai 4 SD Muhlas.

Menurut Handri Satria, cara membuat komik yang baik adalah yang bermanfaat bagi masyarakat terutama untuk umat muslim di Indonesia.

“Sering-seringlah berlatih maupun belajar baik dari internet maupun guru serta menyukai komik supaya hasilnya lebih bagus,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Wakasek bidang Litbang Robica MPd menjelaskan dilatarbelakangi minimnya minat dan bakat para siswa dalam menulis komik khususnya komik Islami, tim Litbang berkolaborasi dengan paguyuban SD Muhlas menggelar workshop pembuatan komik Islami.

“Kegiatan tersebut diikuti para siswa kelas empat hingga enam yang berjumlah 365 anak, wali kelas serta empat orang paguyuban SD Muhlas,” terangnya.

Robica berharap, dengan kegiatan tersebut akan bermunculan komikus-komikus SD Muhlas yang terus memberikan manfaat kepada masyarakat dengan karya-karyanya, sekaligus mengenalkan tokoh-tokoh Islam di generasi emas yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Paguyuban SD Muhammadiyah 11 Surabaya, Ali Rofi’i menambahkan, tujuan jenjang kelas empat hingga enam mengadakan studi literasi adalah supaya anak-anak menjadi lebih kreatif membuat ide-ide yang dituangkan dalam satu cerita bergambar yaitu komik.

“Kami sengaja mendatangkan seorang komikus yang juga sebagai penulis komik-komik Islami, supaya semakin banyak anak-anak yang terasah bakatnya dengan program literasi sehingga dapat menemukan formula atau arah menulis komik,” harapnya. (Muri/Yuda/AS)

Siswa SD Muhlas Belajar Menulis Komik Islami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *