SD Muhammadiyah 11 Surabaya Jawa Timur kembali menggelar outing class atau belajar di luar kelas pada hari Kamis (2/3/23) bertempat di agrowisata Bhakti Alam Pasuruan Jawa Timur.

Sebanyak 114 siswa kelas VI SD Muhlas sebutan sekolah tersebut berangkat menggunakan dua bus pariwisata menuju lokasi. Sekitar pukul 08.30 rombongan SD Muhlas tiba dilokasi dan disambut 6 orang pemandu agrowisata Bhakti Alam.

Kak Tegar koordinator pemandu Bhakti Alam memulai kegiatan dengan memberi aba aba kepada para siswa untuk membentuk barisan sesuai kelas masing-masing.

Dengan lantang kak Tegar memotivasi para siswa, “Apa kabar hari ini?”

“Alhamdulillah, Allahuakbar, luar biasa!” jawab para siswa dengan serentak dan penuh semangat.

Kegiatanpun dimulai dari menanam padi berlanjut melihat foto dan beberapa peralatan pembuatan bio gas dengan penjelasan dari pemandu outing class.

Para siswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan selama berada di Bhakti Alam hingga selesai.

Terlihat keseruan dan sorak sorai saat menanam padi serta memeras susu sapi.

Salah satu siswa Amira Naura kelas VI An Naba yang merasa senang bisa menanam padi secara langsung.

“Seru! Ini pertama kalinya bisa memegang padi dan menanamnya langsung di sawah”. katanya.

Amira melanjutkan, sempat takut dan geli saat memeras susu sapi.

“Tapi akhirnya berani dan bisa keluar cairan”. ujarnya sambil tersenyum.

Senada dengan Annisa Ayu teman satu kelasnya, mengungkapkan

“Asyik bisa menanam padi dan peras susu sapi tapi cuma sebentar takut sapinya kesakitan.” katanya.

“Baru tau kalau menanam padi harus berjalan mundur”. selorohnya.

Koordinator Jenjang (Korjen) kelas VI Fajar Arum Muninggar SPd menjelaskan,

Para siswa sangat gembira dan penuh antusias mengikuti penjelasan serta petunjuk dari para pemandu.

Kegiatan outing class kelas VI di semester genap ini didampingi wali kelas dan dua guru mata pelajaran. Para siswa sangat gembira dan penuh antusias mengikuti penjelasan serta petunjuk dari para pemandu dari petugas Bhakti Alam.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga motivasi belajar siswa dan mengurangi kejenuhan selama belajar di dalam kelas.” katanya.

Ustadzah Arum panggilan akrabnya melanjutkan bahwa kegiatan outing class di Bhakti Alam ini para siswa akan belajar menanam padi, peras susu, pegetahuan tentang pengolahan bio gas dan keliling kebun, serta melihat cara pembuatan es krim.

“Semoga kegiatan outing class ini yaitu praktik bagaimana cara menanam padi dan peras susu secara langsung akan menambah wawasan dan pengalaman baru yang nantinya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama bidang pertanian dan peternakan.” harapnya.

Sementara itu Kepala SD Muhlas Mursiah SAg MPd memaparkan bahwa kegiatan outing class ini sebagai tanggung jawab sekolah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam semangat belajar dengan pembelajaran yang bervariatif salah satunya program belajar di luar kelas.

“Dengan harapan memberikan pengalaman dan wawasan baru bagi siswa, melatih kemandirian, kerja sama dan tanggung jawab baik diri sendiri maupun terhadap lingkungan.” tuturnya. (Muriyono)

Outing Class SD Muhlas Kenalkan Pertanian dan Peternakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *