Dan sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Alhamdulillah masa pandemi masih berlangsung. Giat protokoler kesehatan pun masih trus digulirkan oleh berbagai instansi dan lembaga. Hampir 6 bulan tak bertatap muka dengan siswa-siswi tercinta. Tapi itu tidak menjadi rintangan yang besar lagi seperti di awal-awal bulan pandemi. Manusia terus berusaha mencari cara supaya kehidupan tetap berjalan seperti biasa. Termasuk dalam merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

SD Muhammadiyah 11 Surabaya tetap dan terus menggali prestasi anak selama pandemi. Seperti jargon yang tersiar dan telah menjadi identitas sekolah prestasi ini yaitu “SD MuhlaS, tiada hari tanpa prestasi”. Di bulan kemerdekaan ini sekolah yang berlokasi di wilayah Kec├ámatan Krembangan ini tetap mengadakan lomba-lomba memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Karena masih ada larangan sekolah tatap muka, maka sekolah mengadakan lombanya berkonsep virtual.

Sekali merdeka tetap merdeka. Merdeka dari virus covid19 salah satu caranya adalah dengan “melek” Iptek atau IT. Berbagai macam lomba virtual digelar, seperti: Kelas satu dan dua ada lomba menyusun dan menceritakan susunan kolase gambar, lomba melipat dan merapikan pakaian dalam almari, dan lomba membuat karya berbahan dasar daun. Kelas tiga dan empat ada lomba membuat dan menulis puisi dengan huruf tegak bersambung, lomba membuat poster dengan tema kemerdekaan, dan lomba menghias dan menata meja. Kelas lima dan enam ada lomba membuat poster dengan tema kemerdekaan, lomba membuat video bersama keluarga, dan lomba menceritakan biografi/perjalanan hidup salah satu tokoh pahlawan. Tak ketinggalan lomba untuk para guru adalah membuat video kemerdekaan dengan berbagai versi.

Melek IT dengan menguasai aplikasi-aplikasi pembelajaran virtual. Lomba yang diadakan mulai tanggal 12 sampai 14 agustus dilakukan dari rumah masing-masing anak. Hasil karya atau kreasi anak yang sudah jadi dikumpulkan melalui aplikasi Google Classroom (GCR). Bisa berupa gambar atau video, jika GCR mengalami kesulitan bisa langsung mengirimkannya ke aplikasi whatapps ke no ust ustdz juri.

Sekali merdeka, tetap merdeka. Dirgahayu Republik Indonesia ke-75, Indonesia Maju. Kami berjuang dalam Muhammadiyah yang berkemajuan. Merdeka..

Memperingati 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Secara Virtual

Leave a Reply

Your email address will not be published.