Hari pertama masuk sekolah semester genap tahun pelajaran 2022-2023 sekaligus menjadi momen yang spesial bagi warga SD Muhammadiyah Dupak Bangunsari 11 Surabaya (SD Muhlas), Senin (2/1/2023). Pasalnya, hari itu digelar acara peringatan  Milad SD Muhlas yang genap berusia 55 tahun sejak berdirinya pada 2 Januari 1968.

Pukul 07.00 bel masuk sekolah dibunyikan. Semua siswa sudah berada di dalam kelas bersama wali kelas masing-masing untuk mengawali kegiatan dengan berdoa secara serentak yang dipandu dari ruang informasi.

Setelah berdoa, secara tertib seluruh siswa mulai kelas I hingga kelas VI diarahkan menuju Auditorium AR Fachruddin tempat dilaksanakannya peringatan milad ke-55 SD Muhlas.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat-ayat Al-Quran oleh Muhammad Ali dari kelas V As Syura. Dilanjutkan sambutan Kepala SD Muhlas Mursiah SAg MPd.

Dalam sambutannya, Mursiah memotivasi para siswa dengan memanggil satu per satu alumni SD Muhlas. Mereka berdiri sambil tersenyum dan melambaikan tangan ke arah para siswa.

Di antaranya, Robica MPd (wakasek bidang litbang dan mantan kepala sekolah), Fathanur Rosid SPd (wakasek bidang kesiswaan), Masruroh SPd (guru BTQ), Zulaikha SPd (guru BTQ), Eka Novitasari SE SPd (wali kelas I), Isti’anah Hajar SPd (wali kelas IV dan guru prestasi), Ahmad Mujaddid SH (guru ismuba), dan Fajar Dicky SPd (guru PJOK).

“Kesuksesan seseorang tidak bisa lepas dengan selalu menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya dan tetap berusaha untuk menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

Ustadazh Mursiah sambil mendekat ke para siswa dan bertanya, “Siapa ingin sukses?” Sontak seluruh peserta menjawab, “Saya!”

Mengakhiri sambutannya, Ustdzah Mursiah memotivasi kepada seluruh siswa untuk senantiasa bangga menjadi bagian dari keluarga SD Muhlas.

“Ukir prestasi di mana pun berada sesuai bakat masing-masing. Mau jadi guru (seperti ustadz ustdzah yang saya panggil tadi), TNI-Polri, pengusaha, dokter, dan lain sebagainya supaya sekolah kita tetap dikenang sampai kapan pun,” ungkapnya.

Kepala sekolah lantas menutup dengan slogan SD Muhlas: “SD Muhlas!” Serentak seluruh siswa menjawab “Tiada Hari Tanpa Prestasi” sambil diikuti dengan tepuk tangan sehingga menjadikan suara yang bergemuruh memenuhi seluruh aula tersebut.

Kegiatan berlanjut penayangan video dan foto foto gedung SD Muhlas beserta foto kepala sekolah zaman dahulu hingga sekarang yang dipandu oleh Ustadazh Robica MPd dengan beberapa narasi untuk memotivasi siswa.

“Bersyukurlah para siswa dengan kondisi saat ini jika dibandingkan SD Muhlas tempo dulu yang tidak ber-AC dan tidak ada lift,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars SD Muhlas yang dipandu oleh Endarwati Choiriah SE MPdI.

Acara yang bertajuk Bersama Muhlas Ukir Kenangan, Merajut Harapan ini diikuti oleh 752 siswa kelas I-VI, guru-karyawan, beberapa perwakilan walimurid dan Kepala SD Muhlas. Hadir pula Ketua Paguyuban Wali Murid Ali Rofi’i.

Ustadz Ali, panggilan akrabnya, menyampaikan rasa haru dan bangganya kepada SD Muhlas serta mengapresiasi kegiatan peringatan milad ke-55 SD Muhlas ini.

“Alhamdulillah bisa berkumpul bersama para siswa, guru-karyawan dan perwakilan SD Muhlas dengan semangat baru untuk bersama-sama memajukan sekolah ini supaya semakin berkembang dan menjadi rujukan orang tua untuk menyekolahkan anak di sini,” ujarnya.

Ustadz Ali menambahkan, dirinya sangat terharu dan bangga menyaksikan perjalanan panjang SD Muhlas melalui video yang diberi judul SD Muhlas Tempoe Doeloe. Dengan kegiatan hari ini, diharapkan mampu menjadi motivasi siswa, guru-karyawan, bahkan wali murid untuk menjadikan SD Muhlas sebagai mercusuar pendidikan akhlak dan karakter yang berkemajuan.

Kegiatan berakhir sekitar pukul 10.30 dan ditutup dengan pemberian hadiah tanaman hias oleh perwakilan wali murid dan doa penutup yang disampaikan oleh Ustadz Ahwan Hamid SPd MPdI.

Semoga para siswa dimudahkan meraih cita-cita dan sukses di masa depan.

Berikut ini nama kepala sekolah SD Muhlas dari masa ke masa:

1. Chuzaimah (1968–1969)

2. Yusuf Ilyas (1970–1972)

3. Drs Syahid Ismail (1973/1992–1993)

4. Akhwan Hamid SPd MPdI (1993/1994–2005/2006)

5. Darto MPd (2006–2009)

6. Irwan SPd MPdI (2009–2013) dan (2017–2021)

7. Robica SPd MPd (2013–2015)

8. Mursiah SAg MPd (2016)

9. Mursiah SAg MPd (2021–sekarang)

(Abd Somad/AS)

Hari Pertama Masuk Sekolah Jadi Momen Milad Ke-55 SD Muhlas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *