Guna mengenalkan tempat bersejarah, Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya menggelar Napak Tilas Hizbul Wathan (HW) jenjang kelas IV.

Dalam rilisnya Jumat (3/2/2023), kegiatan ini mengambil tema “Mengenal untuk Mencintai Sejarah” sebanyak 150 siswa SD MuhlaS kelas IV diajak ketempat bersejarah diantaranya Museum Pendidikan, Museum dr. Soetomo, dan Museum 10 November.

Salah satu guru pendamping kelas IV, Endarwati Choiriah, M.Pd.I. menjelaskan pihak sekolah melaksanakan kegiatan tersebut dengan tujuan agar para siswa mengenal nilai-nilai perjuangan para pahlawan serta meningkatkan rasa patriotisme pada anak sejak dini.

“Kami masuk dipandu dengan tour guide yang sudah disediakan pihak museum, serta dijelaskan secara detail kepada anak-anak berbagai peristiwa sejarah yang sangat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menggapai dan mempertahankan kemerdekaan. Satu di antaranya adalah peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya,” terangnya.

Masih dengan Endarwati, para siswa jenjang kelas IV begitu antusias mendengar rekaman Pidato Bung Tomo yang begitu berapi-api untuk membakar semangat para pemuda saat ini serta terhampar berbagai lukisan, replika maupun senjata peperangan di dalam museum.

“Para siswa SD MuhlaS sangat senang dan antusias berkunjung ke museum pendidikan, dr. Soetomo, dan 10 November untuk melihat peninggalan sejarah selama masa penjajahan, serta Monumen yang berada di tengah kota dan menjadi ikon kota Surabaya,” paparnya.

Lanjut Endarwati, setelah berkeliling di museum 10 November, para siswa diajak untuk menikmati makan siang sekaligus mengisi soal-soal yang dibagikan para guru seputar pengalaman berkunjung ke museum tersebut.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan Napak Tilas HW kelas IV SD MuhlaS, para siswa dapat mengenal perjuangan arek-arek Suroboyo, serta meningkatkan rasa patriotisme pada anak sejak dini,” harapnya. 

Pelajar Muhammadiyah Gelar Napak Tilas Kenalkan Lokasi Bersejarah di Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *