Sebanyak 78 siswa kelas III-VI SD Muhammadiyah 11 Dupak Bangunsari Surabaya (SD Muhlas) berhasil meraih medali pada International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) 2023.

Juara yang diraih terdiri atas 29 silver medal dan 49 bronze medal. Pengumuman disampaikan di http://kpm.read1institute.org/competition/pengumumanIKCM2023 , Ahad (14/5).

“Alhamdulillah, dari 400 siswa SD Muhlas yang berani menguji kemampuannya pada lomba ini, ada 78 siswa yang dapat award,” tutur Wakasek Bidang Kurikulum Siti Minarti SSi seusai merekap pemenangnya.

Bu Min, sapaan akrabnya, menjelaskan perincian masing-masing kelas.

Siswa kelas III meraih 23 silver medal dan 17 bronze medal sehingga totalnya 40 pemenang. Siswa kelas III pun memperoleh medali paling banyak. Siswa kelas IV meraih 1 silver medal dan 11 bronze medal. Siswa kelas V mendapat 9 bronze medal. Sedangkan siswa kelas VI memperoleh 5 silver medal dan 12 bronze medal.

Bu Min menjelaskan bahwa SD Muhlas memilih siswa dari kelas III-VI untuk berkompetisi dengan penuh semangat sebagai upaya berfastabiqul khairat.

“Secara bertahap nantinya siswa SD Muhlas akan mengikutkan seluruh siswa mulai kelas I-VI dalam ajang Olimpiade Internasional,” ungkapnya.

IKMC 2023 merupakan kompetisi matematika tingkat internasional yang sudah terlaksana mulai tahun 1991. Penyelenggaranya adalah Association Kangaroo Sans Frontiores. Lebih dari 90 negara mengikuti kompetensi bergengsi ini.

Kepala SD Muhlas Mursiah SAg MPd mengungkapkan bahwa sudah menjadi tanggung jawab sekolah untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.

“Dengan memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk berkompetisi, salah satunya tingkat internasional ini,” ujarnya.

Tidak hanya capaian prestasi yang ingin diraih, melainkan dengan kompetisi ini harapannya ada bibit-bibit unggulan SD Muhlas dalam bidang olimpiade yang percaya diri, jujur, tanggung jawab, dan pantang menyerah.

“Kompetisi IKCM 2023 ini juga diharapkan mampu memberikan semangat berfastabiqul khairat dan mewarnai warga dunia yang siap berkompetisi di masa depan,” pungkasnya. (Muri/AS)

Siswa SD Muhlas Gondol 78 Medali di Olimpiade Internasional Matematika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *