Pembukaan Baitul Arqam SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) 1445 H/2024 M berlangsung di auditorium AR Fachruddin lantai 4 SD Muhlas. Baitul Arqam ini resmi dibuka oleh Kepala SD Muhlas Mursiah SAg MPd pada Kamis (28/3/2024).

Mursiah dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya kepada para siswa dan segenap panitia yang menyiapkan segala sesuatunya hingga pelaksanaan.

“Alhamdulillah, luar biasa tahun ini pembukaan sangat semarak karena diikuti oleh banyak siswa, yaitu siswa kelas lV-VI dan seluruh guru-karyawan,” tuturnya.

Dia berharap semoga kegiatan ini mampu meningkatkan pemahaman keislaman dan menciptakan kesamaan.

“Selain itu, mampu menyamakan kesatuan sikap, wawasan, dan cara berpikir warga persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah serta meningkatkan kesalehan spiritual yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh ketua Majelis Kader PCM Krembangan ini.

Sementara itu, ditemui Klikmu.co secara terpisah, ketua panitia Uswatunnisa’ Septi Antasari SAg mengatakan bahwa Baitul Arqam ini menjadi salah satu program unggulan SD Muhlas di bulan Ramadhan sehingga sangat dinanti-nanti oleh para siswa.

“Pasalnya (kegiatan berlangsung, Red) selama enam hari ke depan, yaitu tanggal 28 Maret hingga 4 April 2024, dengan pembagiannya menjadi tiga tipe,” terangnya.

Lebih lanjut, Septi, panggilan akrabnya, mengatakan, tipe pertama yaitu tipe spesial bagi kelas V pada tanggal 28-29 Maret dan kelas IV dilaksanakan pada tanggal 1-2 April.

“Spesial karena dilaksanakan dua hari satu malam menginap di sekolah,” ujarnya.

Sementara tipe kedua, yaitu tipe reguler, karena dilaksanakan waktunya seperti sekolah biasanya, pagi sampai siang bagi siswa kelas I-III pada tanggal 1-2 April.

Lalu tipe terakhir yaitu tipe khusus. Tipe ini dikhususkan bagi siswa kelas VI. Adapun pelaksanaannya hanya malam hari, yaitu tanggal 3 dan 4 April.

Tidak hanya materi keislaman yang disampaikan dalam kegiatan Baitul Arqam ini. Namun ada materi praktik dan materi yang menjadi target masing-masing kelas berbeda-beda.

“Semoga selama enam hari Baitul Arqam ini para guru-karyawan dan anak-anak terjaga kesehatannya serta menjadi manfaat dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Baitul arqam diikuti sekitar 400 peserta dari siswa kelas IV-VI bersama guru karyawan SD Muhlas.

Hadir pula Ketua PCM Krembangan Ahwan Hamid SPd MPdI bersama Wakil Ketua Bidang Pendidikan H Sutikno SSos serta Ketua Majelis Dikdasmen PNF PCM Krembangan Dr H Izza Anshory ST MT.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri Wakil Ketua Komite SD Muhlas Elly Ermawati ST bersama perwakilan paguyuban kelas I-VI.

Berikut ini materi pokok Baitul Arqam SD Muhlas.

Kamis, 28 Maret:

Pembukaan diikuti siswa kelas IV-VI

Sejarah Baitul Arqam disajikan oleh wakil ketua PWM Jawa Timur Dr Sholihin Fanani MPSDM

Mengenal masa pubertas disajikan oleh dr Izzatul Fithriyah Sp KJ

Materi sholat id oleh Irwan SPd MPdI

Jumat, 29 Maret:

Sholat Istisqo oleh Ahwan Hamid SPd MPdI

Senin, 1 April:

Kisah teladan alumni SD Muhlas

Bersihkan hati dan jaga lisan oleh Ferry Yudi Antonis Saputro SHI, MPd

Selasa, 2 April:

Jaga diri, teman dan sikap oleh PCPM Krembangan dan PDNA Surabaya

Rabu, 3 April:

Praktik tawwaf dan merawat jenazah

Kamis, 4 April:

Mendongeng bersama Kak Komang

(Muri/AS)

Baitul Arqam SD Muhlas Digelar Selama Enam Hari, Ini Rangkaian Agendanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *