Lomba menghias kelas membuka perayaan HUT RI ke-77 di SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD MuhlaS) Dupak Bangunsari, Sabtu (13/8/2022).

Sejak diumumkan oleh panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN), awal Agustus lalu semua wali kelas mendaftarkan tema dan bahan hias ke panitia.

Kepala SD Muhlas Ustadzah Mursiah SAg MPd menjelaskan, lomba menghias kelas dikerjakan bersama wali kelas, siswa, dan paguyuban kelas. Sepekan sebelum penjurian, wali kelas dan paguyuban kelas menyuguhkan keindahan yang terbaik sesuai tema.

”Lomba ini mengakrabkan sekolah, guru, dan orangtua untuk memotivasi belajar siswa. Wali kelas kerja bareng orangtua murid mendesain kelas supaya siswa nyaman dan ejoy belajar,” kata Ustadzah Mursiah.

Lomba menghias kelas ini menitikberatkan pada pojok baca supaya siswa gemar membaca di tempat itu sehingga meningkatkan literasi.  ”Pojok baca harus ada karena saat ini sekolah dalam proses akreditasi perpustakaan,” tuturnya.

Juri lomba ini terdiri Ketua PCM Krembangan Sutikno SSos, Ketua Majelis Dikdasmen Dr Izza Anshori ST MT, Ketua  Komite Sekolah Dra Hj. Rahmi Aprilawati MM.

Aspek yang dinilai kesesuaian dengan tema, kesesuaian dengan penggunaan anggaran yang telah ditentukan batas maksimalnya, kelengkapan unsur pajangan, kebersihan dan keindahan.

Selama 30 menit sekitar pukul 08.30, tiga juri berkeliling kelas dari lantai 1 hingga ke lantai 4, ruang kelas VI.

Juri Rahmi Aprilawati kagum dengan kreativitas menghias. ”Amazing. Keren-keren pojok bacanya. Guru dan paguyuban sangat kreatif dan inovatif. Bahan dan pernak pernik hiasan sangat sesuai dengan temanya,” katanya.

Juri lainnya Izza Anshori mengapresiasi kerja sama wali kelas dengan paguyuban kelas mampu menghasilkan karya pojok baca yang luar biasa. Semua bagus.

Seemnatar Sutikno sangat bangga kepada sekolah menyelenggarakan lomba menghias kelas yang dikerjakan oleh wali kelas bersama wali murid serta siswa. ”Hiasan pojok baca sangat menarik. Ini bisa menjadi alat promosi sekolah. Wali murid bisa bercerita kepada saudara, tetangga, dan teman tentang seko0lah kita,” ujarnya.

Pemenang diumumkan saat peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 nanti.

28 Tema Pojok Baca SD Muhlas

Kelas 1 Al Fatihah: Full of Love

Kelas 1 An Naas: Kartun Favoritku

Kelas 1 Al Falaq: Blue Sea

Kelas 1 Al Ikhlash: Wonderful Indonesia

2 Al Adiyat: Karnafal

2 Al Alaq: Back to Nature

2 Al Fiil: Ruang Angkasa

2 Al Kautsar: Flower

2 Al Maun: Flora & Fauna

3 Al Balad: Fruit Garden

3 Al Dhuha: Touch Sky

3 Al Lail: My Hero My Inspiration

3 As Syams: Jurassic Park

4 Al A’laa: I want to be

4 Al Buruj: 1001 malam

4 Al Fajr: Green class

4 An Nahl: Negaraku Kebanggaanku

4 An Nur: Plant and Animal

4 At Thoriq: Around The World

5 Al Anbiyaa’: Islamic Story in the World

5 Al Furqan: Just like That

5 Al Mukmin: Sehat itu Penting

5 An Naml: Heal The Earth, Heal Our Future

5 Asy Syura: Straw Hat Pirate

6 An Naba: Merah Putih

6 Ar Rahman: Deep Forest

6 At Taubah: Beautiful Garden

6 At Tiin: My Romantic Class

Lomba Menghias Kelas, Pojok Baca Jadi Keren

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name - City
Membeli Product Time