Outbound dan menanam padi di Tlogo Sewu menjadi acara refreshing setelah Penilaian Tengah Semester (PTS) 1di SD Muhammadiyah 11 Surabaya.

Acara outing class disambut keceriaan siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) di Tlogo Sewu Pasuruan, Rabu (12/10/22).

Sejak pagi para siswa dengan gembira memasuki kelas masing-masing sambil menunggu aba-aba persiapan pemberangakan.

Seperti biasa, SD Muhlas mengawali kegiatan pagi dengan berdoa bersama lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya. Sekitar pukul 07.15 sebanyak 116 siswa dipandu oleh wali kelas membentuk barisan untuk upacara pemberangkatan.

Dalam upacara singkat tersebut, Kepala Sekolah Mursiah SAg MPd berpesan kepada para siswa, “PTS telah selesai tetap semangat dalam belajar. Karena belajar bisa di mana saja dan sampai kapanpun,” tutur Ustadzah Mursiah.

“Hari ini kelas 3 belajar di luar kelas (outing class), untuk itu manfaatkan kesempatan ini dengan menambah wawasan, galih informasi sebanyak-banyaknya, saling menghormati dan bekerja sama dalam tim. Dan jangan lupa senantiasa berdoa kepada Allah untuk diberikan keselamatan dan kesehatan,” katanya.

Setelah ditutup dengan doa seluruh siswa berjalan menuju dua bus besar yang sudah siap di pinggir Jalan Raya Demak Surabaya. Sekitar pukul 07.30 bus melaju membawa rombongan siswa kelas 3 SD Muhlas menuju Tlogo Sewu Pasuruan.

Kurang lebih pukul 09.00 rombongan SD Muhlas tiba di tempat tujuan. Di sana sudah bersiap empat guide dari Tim Naga Bound untuk memandu kegiatan selama di Tlogo Sewu Pasuruan. Dengan aba-aba dari time guide Kak Faza dan Kak Tyas yang penuh semangat memberikan instruksi kepada para siswa membentuk barisan. Sebagai kegiatan awal yaitu ice breaking para siswa diajak senam ceria supaya dalam kegiatan out bound nantinya tidak cedera.

Tidak berapa lama kemudian, seluruh siswa dibagi menjadi empat kelompok dan menuju ke arena ketangkasan yang sudah disiapkan. Di antaranya flying fox, memindahkan air secara estafet menggunakan ember, menggulirkan air dengan pipa, merayap dan ketangkasan roda gila.

Sesekali terdengar teriakan dan celotehan para siswa, “hooree”, ada pula “asyiiikk” memecah pagi. Lokasi ini menyuguhkan pemandangan alam yang memesona dan didukung udara yang sejuk pegunungan.

Di sela kegiatan, koordinator jenjang (Korjen) kelas 3 ustdzah Irma Dwi Rahmawati SSi menjelaskan, kegaiatan outing class kali ini mengambil tema Be Brave Be Fun dengan harapan anak-anak bisa belajar di alam bebas sekaligus refreshing pasca PTS, meningkatkan kemandirian dan percaya diri, dapat bekerja sama dengan tim, serta saling menghargai satu sama lainnya.

Di samping outbound, ada materi edukasi bercocok tanaman padi seperti petani di pedesaan. Anak-anak baru pertama kalinya menanam padi. Seluruh siswa dengan keceriaan turun ke sawah.

Siswa menyatakan seru outbound dan menanam padi ini. Aisha Safa dari kelas 3 Adh Dhuha menyampaikan, seru. Bisa bermain dan berenang rame-rame dengan banyak teman, tempatnya juga indah dan bersih.

Senada dengan teman satu kelasnya, Farhatul Kamelia. “Bagus dan sejuk udaranya, walaupun basah kuyup saat permainan memindahkan air estafet tadi, tapi asyik. Rasanya ingin berlama-lama disini ustad,” tambahnya.

Kegiatan outing class diakhiri dengan permainan wahana air. Sekitar pukul 13.00 seluruh rombongan SD Muhlas kembali ke Surabaya.

Outbound dan Menanam Padi di Tlogo Sewu, Serunya Kayak Begini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *