Mengawali serangkaian ujian sekolah kelas VI, SD Muhammadiyah 11 Dupak Bangunsari menggelar munaqosah juz 30 pada Sabtu (11/2/2023). Kegiatan munaqosah dilaksanakan di Auditorium AR Fachruddin gedung SD Muhlas, nama populer sekolah tersebut.

Sejak pukul 06.00 pagi suasana SD Muhlas mulai ramai oleh para siswa yang berdatangan bersama orang tua untuk mengantar sekaligus menyaksikan jalannya munaqosah.

Dengan berpakaian serbaputih, para siswa pun menempati tempat duduk yang sudah disiapkan oleh panitia sesuai nomor urut ujian. Dengan sekejab suasana auditorium menjadi bergemuruh dengan lantunan murajaah ayat-ayat Al-Quran sebagai persiapan sebelum dibuka oleh panitia.

Sekitar pukul 07.30 kegiatan dibuka, kemudian dilanjutkan pembacaan tartil Al-Quran oleh peserta munaqosah Abi Mualif dari kelas VI At Tiin dengan sari tilawah Yasmin Nailatur Rahman dari kelas VI Ar Rahman.

Dalam sambutannya, Kepala SD Muhlas Mursiah SAg MPd menyampaikan rasa haru dan bersyukurnya di awal banyaknya ujian yang akan dilalui kelas VI tahun ini bisa melaksanakan munaqosah juz 30 sekaligus lanjutan munaqosah bagi kelas tahfidz khusus yang sudah tuntas mulai dari juz 29 hingga juz 4.

“Walaupun hari ini kelas VI telah menjalani munaqosah atau ujian juz 30, bukan berarti selesai dalam menghafal Al-Quran, namun semakin bersemangat untuk menambah hafalannya sampai kapan pun,” tuturnya.

Mursiah berpesan kepada anak anak kelas VI yang akan melanjutkan ke SMP negeri atau swasta  harus tetap rajin ibadah, murajaah, dan bagi yang putri jangan pernah melepas hijabnya sebagaimana yang sudah diajarkan di SD Muhlas ini.

Di sela-sela kegiatan, Wakasek Bidang Kurikulum Ismuba Irwan SPd MPdI menjelaskan bahwa munaqosah juz 30 ini bagi kelas VI sebagai awal serangkaian ujian yang akan dilalui di tahun pelajaran 2022-2023. Pekan depan anak-anak akan menjalani munaqosah Al Islam dan ujian praktik pendidikan olahraga.

“Munaqosah ini diikuti oleh 96 siswa dari jumlah seluruh kelas VI sebanyak 114 siswa. Sebagai salah satu syarat kelulusan siswa kelas VI SD Muhlas wajib hafal juz 30 dan dinyatakan lulus dalam munaqosah ini. Bagi siswa yang masih proses menuntaskan hafalannya dan berhalangan hadir diberi kesempatan ujian susulan yang akan dilaksanakan pada awal bulan Maret 2023 nanti,” katanya.

Anggota Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur ini melanjutkan, kegiatan munaqosah dilaksanakan dengan dua sesi yaitu sesi pertama pukul 07.30-09.30 untuk juz 30 dan sesi kedua pukul 10.00-12.00 bagi siswa kelas tahfidz khusus juz 29, 28, 1, 2, 3, dan juz 4.

Metode munaqosah sama seperti munaqosah sebelumnya yaitu sambung ayat, membaca dua ayat yang terakhir dan membacakan surat yang dipilih secara acak oleh tim penguji.

Sebagai tim penguji adalah dari guru tahfidz SD Muhlas Triya Santi dan dari pembina Rumah TahfidhMu Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Jauhar Fuadi.

Sementara itu, salah satu siswa Abdullah Hafidz dari kelas VI An Naba menyampaikan sangat senang dengan munaqosah ini.

“Plong rasanya sudah melewati munaqosah hari ini, yang sebelumnya sempat grogi saat naik ke panggung. Namun tetap yakin dan berdoa, Alhamdulillah semua pertanyaan tim penguji mampu dijawab dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Senada dengan teman satu kelasnya Azhar Arli, siswa yang sudah hafal juz 30 dan 29 serta proses menyelesaikan hafalan juz 28 ini mengungkapkan rasa gembiranya.

“Alhamdulillah lancar dan bisa menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh tim penguji.” katanya.

Hadir dalam acara tersebut kepala SD Muhlas, wakil ketua PCM Krembangan Ahwan Hamid MPdI,  Wakasek kurikulum Ismuba, walikelas VI, guru tahfidh dan BTQ. (Muri/AS)

Jadi Syarat Lulus Sekolah, Siswa SD Muhlas Jalani Munaqosah Juz 30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *