Puskesmas Dupak Surabaya melaksanakan Sosialisasi PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dan pentingnya cuci tangan pakai sabun kepada para siswa Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD MuhlaS) pada Senin (20/3).

Bidang Promosi Kesehatan Puskesmas Dupak Surabaya, Dwi Hastutik menjelaskan, pihak Puskesmas Dupak Surabaya menggelar sosialisasi atau intervensi pendidikan khususnya PHBS untuk memantau pola hidup bersih dan sehat kepada siswa SD Muhammadiyah 11 Surabaya.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang pola hidup bersih dan sehat, khususnya cuci tangan menggunakan sabun kepada para siswa jenjang SD dan SMP di wilayah Dupak,” terangnya.

Lebih lanjut Dwi Hastuti mengatakan, setelah melakukan penyuluhan tentang mencuci tangan pakai sabun, anak-anak dapat menerapkan baik di sekolah maupun lingkungannya. Adapun 6 langkah cuci tangan pakai sabun untuk memastikan tangan benar-benar bersih adalah: meratakan sabun dengan kedua tangan, menggosok punggung tangan dan sela-sela jari secara bergantian, lalu jari-jari bagian dalam, telapak tangan dengan posisi jari saling mengait/mengunci, dan ibu jari secara berputar dalam genggaman tangan. Terakhir, gosokkan ujung jari pada telapak tangan secara berputar dan lakukan pada kedua tangan dan bilas hingga bersih.

Di lokasi yang sama, Wali Kelas 5 Al-Mukmin, Nur Anifah sangat mengapresiasi sosialisasi yang dilaksanakan oleh pihak Puskesmas Dupak Surabaya ini. “Tadi dijelaskan pihak Puskesmas tentang langkah mencuci tangan umumnya membutuhkan waktu 20-30 detik. Pentingnya mencuci tangan secara baik dan benar memakai sabun adalah kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman maupun bakteri yang berpindah dari tangan ke tubuh kita,” paparnya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas 5 Al-Mukmin, Muhammad Alif Ali Putra Sujarwanto mengaku sangat senang sekali dikunjungi dan mendapatkan sosialisasi tentang hidup sehat dengan mencuci tangan pakai sabun.

“Senang sekali mendapatkan penjelasan dari pihak puskesmas, jadi mendapat ilmu yang banyak tentang mencuci tangan agar terhindar dari kuman,” kata dia. 

Kerja Sama dengan Puskesmas Dupak, SD Muhammadiyah 11 Surabaya Gelar Sosialisasi PHBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *