Mengakhiri pembelajaran di semester genap tahun 2022-2023, SD Muhammadiyah 11 Dupak Bangunsari Surabaya menggelar Munaqasyah tilawati pada Jumat-Sabtu (26-27/5).

Munaqasyah tilawati SD Muhlas –sebutan sekolah ini– diikuti oleh 250 siswa dari kelas I-III.

Wakasek Bidang Kurikulum Ismuba Irwan SPd MPdI menyampaikan bahwa kegiatan munaqasyah tersebut sebagai program tahunan yang menjadi tanggung jawab sekolah menjaga kualitas bacaan Al-Quran para siswa.

Anggota Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur ini melanjutkan, walaupun pengujinya dari internal SD Muhlas, namun tetap mengutamakan objektivitas dalam penilaian.

“Para siswa diuji untuk menentukan sudah mampukah dalam membaca dengan baik dan lancar sehingga naik ke tingkat tilawati berikutnya,” imbuhny.

Sementara itu, Koordinator Munaqasyah Fariza Hazimi SPd menjelaskan bahwa kegiatan munaqasyah dilaksanakan selama dua hari (Jumat-Sabtu) dan dibagi menjadi dua sesi dengan masing-masing sesi ada enam munaqis.

“Sesi pertama pukul 08.00-09.00 dan sesi kedua pukul 09.30-10.30 dengan peserta dari kelas III,” katanya.

“Para siswa sangat antusias menunggu giliran dipanggil untuk praktik secara langsung dengan para munaqis sesuai kelompok tilawatinya,” tambah dia.

Ditemui KLIKMUCO, Muhammad Fathan Al Ghifari 3 siswa kelas III Ad Dhuha merasa senang  mengikuti munaqasyah. “Lega rasanya sudah selesai ujian. Mudah-mudahan lanjut ke tilawati berikutnya,” katanya.

Dia mengaku tidak ada persiapan khusus, namun setiap hari sering didampingi mama mengaji di rumah. (Muri/AS)

“Para siswa akan dimunaqasyah istilah lain dari ujian kenaikan jilid tilawati. Sebagai munaqis adalah guru BTQ internal SD Muhlas,” tuturnya.

250 Siswa SD Muhlas Jalani Munaqasyah Tilawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *