Sebagai salah satu program unggulan untuk melatih kedisiplinan siswa, Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) kembali menggelar upacara bendera hari Senin (29/1/24).

Hadir sebagai pembina upacara wakasek bidang kehumasan Muriyono SPd.

Mengawali amanatnya, Muriyono memotivasi dengan bertanya kepada 450 an siswa kelas IV-VI yang menjadi peserta upacara.

“Siapa yang ingin sukses?” Tanya Muri panggilan sehari-hari. Dengan serentak semua siswa menjawab “saya”. Sejenak suasana menjadi ramai dengan jawaban para peserta upacara.

Sambung Muri, sukses seorang muslim tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan melainnkan ada tiga kunci yang harus dilakukan.

Pertama ibadah. Ibadah yang utama adalah sholat lima waktu, dan diikuti dengan ibadah-ibadah yang lainnya sesuai tuntunan Al quran dan Assunnah.

Semisal ada orang sukses tidak sholat, banyak harta, semua fasilitas lengkap dan sempurna. 

Namun perlu diingat bahwa kehidupan tidak sebatas di dunia ini saja lalu selesai urusannya. 

Tetapi perlu diingat kehidupan setelah dunia masih ada akhirat, semua akan dihisab atau ditanyakan. Dalam sebuah hadits dijelaskan,

“Amal ibadah yang pertama yang akan dihisab oleh Allah pada hari kiamat adalah shalatnya, jika shalatnya baik maka baiklah seluruh amalannya yang lain dan jika shalatnya rusak maka rusaklah seluruh amalannya yang lain.” (HR Thabrani, dishahihkan oleh syaikh Albani).

Lebih lanjut, yang kedua berbakti kepada kedua orang tua. Orang tua yang melahirkan, merawat dan membesarkan kita yaitu bapak dan ibu. Mumpung masih ada bapak/ibu kita mari senantiasa berbakti kepada keduanya, jangan sampai menyakiti hatinya dengan perbuatan kita yang tidak baik.

Sedang orangtua yang membimbing dan mengajarkan kita dengan nilai-nilai kebaikan di sekolah yaitu guru.

Yang terakhir adalah belajar. Belajar sepanjang hayat, karena kesuksesan seseorang tidak mudah, butuh proses dan kerja keras.

“Semoga tiga kunci untuk meraih kesuksesan ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga para siswa menjadi pemimpin masa depan yang tangguh, shalih shalihah.” Harap wali kelas V SD Muhlas ini.

Upacara bendera setiap hari Senin ini juga dihadiri  kepala SD Muhlas Mursiah SAg MPd beserta wakil kepala sekolah Endarwati Choiriah SE MPdI serta walikelas, guru BTQ dan guru mata pelajaran yang tidak ada  jam mengajar.

Kali ini yang menjadi petugas upacara adalah siswa kelas IV Al Fajr. Berikut daftar petugas upacaranya:

Pembawa acara: Anindya Khanza Kirana 

Pemimpin upacara: Yusuf Ramadhan

Pemimpin barisan:

– Nauval Zhafif

– Fathan Al Ghifari

– Ar Shaka Sultan Elmiko

– M Firas Arkananta

Pengibar bendera:

– Aisha Safa Fitrianto

– Azzalfa Putri Mikayla

– Divya Khalisa Balqis 

Pembaca Janji Pelajar: Ayu Alimatus Sakdiya

Pembaca UUD 1945: Arsyad Samudera

Pembawa Pancasila: Ach Taufik Affandy

Dirigen: Adifa Nada

Penulis: Muri

Editor: Yud

Upacara Bendera SD Muhammadiyah 11, Ulas Tiga Kunci Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *