Sebanyak 145 siswa kelas 1 Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) belajar sambil rekreasi. Kegiatan yang bertajuk Wisata Edukasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini dilaksanakan di Mini Agrowisata Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pagesangan Surabaya pada Selasa (6/2).

Dengan menggunakan 10 bemo sewaan, rombongan SD Muhlas meluncur memecah keramaian jalanan kota Surabaya. Wajah ceria dan penuh semangat para siswa menyeruak menyatu dengan suasana pagi yang cukup cerah menyertai perjalanan outing class SD Muhlas.

Sekitar pukul 08.30 rombongan tiba di tempat tujuan dan disambut petugas DKPP, Bapak Ainul dan Bapak Nanu. Dengan meminta siswa berbaris rapi yang dibantu para walikelas dan guru pendamping, para siswa siap melakukan serangkaian kegiatan di mini Agrowisata tersebut.

Para siswa sangat antusias berkeliling mengamati seluruh tanaman yang ada sambil memperhatikan penjelasan dari Bapak Ainul dan Bapak Nanu.Ada beberapa tanaman yang menjadi daya tarik lokasi tersebut yaitu tanaman buah, sayur, dan ada tanaman obat.

Selain pertanian dan perkebunan, terdapat pula perikanan dan pertanian .Koordinator Jenjang (Korjen) kelas 1 Tri Astutik SPd menjelaskan melalui kegiatan wisata edukasi ini anak-anak bisa belajar sambil rekreasi karena tempatnya bagus dan menyenangkan.

“Sebagai penerapan kegiatan P5 ini para siswa setelah mendapat penjelasan teoretis di kelas tentang pertanian dan peternakan, kali ini anak-anak kita ajak belajar sambil rekreasi di Mini Agrowisata,” terangnya.

Lebih lanjut guru yang biasa di panggil ustadzah Tri ini memaparkan bahwa dengan kegiatan wisata edukasi di alam terbuka ini para siswa mampu mengenal dan melihat secara langsung berbagai jenis tanaman buah, sayur, serta hewan ternak,” tuturnya.

Di sela-sela kegiatan, salah satu siswa Adiba Putri Qonita mengaku senang dengan kegiatan wisata edukasi ini. “Senang dan asyik. Tempatnya banyak tanaman buah-buahan. Saya senang makan buah, tapi baru di sini bisa melihat secara langsung pohonnya, biasanya hanya beli buah di pasar atau dibelikan papa tanpa tahu pohonnya,” selorohnya dengan polos.

Rombongan melanjutkan perjalanan ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Lokasinya di sebelah timur Mini Agrowisata ini. Kubah dan menara masjid sudah tampak menjulang.

Di halaman Masjid Al Akbar juga ada taman bermain dan green house. Paling favorit bagi anak-anak naik menara masjid. Mereka antre di lift. Menara masjid ini setinggi 99 meter.

Di puncak menara bisa melihat pemandangan kota Surabaya yang tampak luas. Ada perumahan, hotel, dan kesibukan jalan.  

Siswa Arief Putra Subkhan mengatakan,”Seru dan senang bermain di menara masjid yang tinggi sekali dan bisa melihat rumah dan gedung.”

Kinar Maylafasha Fantriya berkomentar, menaranya oke dan keren terlihat rumah dan gedung jadi kecil kecil.

Kegiatan diakhiri shalat Duhur berjamaah di Masjid Al Akbar. (Tri Astutik)

Ratusan Siswa Muhlas Belajar Sambil Rekreasi di Agrowisata Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *