Kegiatan pembelajaran di semester genap akan berakhir satu bulan lagi, oleh karenanya SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) menggelar agenda outdoor learning atau pembelajaran di luar sekolah dari jenjang kelas I-VI sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Kali ini jenjang kelas V yang berjumlah 150 siswa dengan 10 guru pendamping menggelar outdoor learning di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada Rabu (8/5/24).

Sekitar pukul 07.30 setelah sholat dhuha berjamaah para siswa berbaris rapi di halaman lantai satu guna mengkikuti upacara pemberangkatan.

Dipandu guru mata pelajaran Ahmad Mujadid SHI acara dibuka dengan membaca basmallah dan dilanjutkan sambutan kepala SD Muhlas Mursiah SAg MPd.

Dalam membuka sambutannya Mursiah memotivasi para siswa dengan yel-yel kebanggaan, “SD Muhlas, Tiada Hari Tanpa Prestasi!” dengan serentak ditirukan oleh para siswa bersama tepuk tangan meriah dan menggema memenuhi halaman lantai satu SD Muhlas.

Kegiatan outdoor learning menjadi tanggung jawab sekolah dalam menyuguhkan pembelajaran yang menyenangkan selain pembelajaran klasikal di dalam kelas.

“Kami percaya siswa kelas V sudah banyak pengalaman dalam kegiatan ini, untuk itu manfaatkan kegiatan ini dengan maksimal.” Tutur ketua Majelis Kader PCM Krembangan ini.

Diakhir sambutannya Mursiah berpesan tentang dua hal.

Yang pertama niat untuk ibadah, bahwa setiap kegiatan yang kita lakukan niatkan untuk ibadah dan selalu ingat kepada Allah SWT dimanapun berada niscaya Allah akan memberikan kebaikan-kebaikan yang tidak disangka-sangka, dan yang kedua sikap peduli, peduli diri sendiri, peduli teman dan peduli lingkungan sekitar jaga kebersihan dan kelestarian alam yang ada di KBS. Selamat berkegiatan semoga sehat dan sukses selalu.” Pungkasnya.

Sementara itu, ditemui awak media Koordinator Jenjang (Korjen) kelas V Nur Anifah SPd MPd menjelaskan bahwa,

“Para siswa akan melakukan kegiatan pembelajaran pengamatan dan membuat laporan kegiatan di Kebun Binatang Surabaya sesuai lembar kerja siswa yang sudah disiapkan.” Terangnya.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai variatif pembelajaran untuk memotivasi para siswa tetap semangat belajar sambil rekreasi.” Imbuh alumnus Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya ini.

Lebih lanjut Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PCM Krembagan Surabaya ini, “Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman dan dapat memotivasi para siswa untuk semangat belajar menyongsong ujian akhir semester pada awal bulan Juni ini.” Tandasnya. (Muriyono)

Motivasi Siswa Dengan Outdoor Learning, Begini Pesan Kepala SD Muhlas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *