Pada Kamis (7/3/24) siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 11 Surabaya mengadakan kegiatan Fun Learning di monumen jalesveva jayamahe(Monjaya) armada timur, koarmada 2, perak.

Selain itu, para siswa itu juga ke museum pusat TNI Angkatan Laut yang terletak di Jl Raya Hang Tuah nomor 1 Ujung Perak. Tema kegiatan ini adalah “Lets have fun and learning together.” Anak-anak diajak bersenang-senang dan belajar bersama-sama.

Kegiatan ini diikuti siswa jenjang kelas 3 yang berjumlah 130 dan 8 ustad-ustadzah pendampingSebelum berangkat, anak-anak berkumpul di halaman sekolah untuk persiapan pemberangkatan dan berdoa.

Waka Kurikulum Ustadzah Minarti menyampaikan agar para siswa mengikuti aturan yang ada ketika melakukan pembelajaran di luar kelas. “Ketika bapak-bapak TNI memberi penjelasan, mohon didengarkan,” ujarnya.Ira Ratnasari sebagai koordinator jenjang (korjen) kelas 3 menyampaikan bahwa tujuan Fun Learning ini adalah supaya anak-anak bisa belajar dan mengetahui tentang perjuangan TNI Angkatan Laut untuk negara Indonesia.

Selain itu, supaya anak-anak mengenal dunia luar, meningkatkan kemandirian, kerjasama, dan keberanian.Para siswa berangkat dari sekolah pada pukul 08.30 menuju dispotmar koarmada 2 untuk registrasi dan dijemput guide.

Di sana anak-anak diminta ke kamar kecil terlebih dahulu agar di lokasi selanjutnya tidak ke kamar mandi lagi. Setelah itu, menuju ke replika KRI Nanggala, melihat monumen tragedi KRI Nanggala. Selanjutnya naik ke kapal KRI Teluk Ende 517.

Di sana para siswa diajarkan materi tentang bahan pembuatan kapal, isi kapal, dan fungsi kapal.Pembelajaran dilanjutkan ke Monumen Jalesveva Jayamahe. Di sana ada gong Kyai Tentrem. Gong itu memiliki ketebalan 6 mm dan diameter 50 cm.

Gong tersebut dibuat oleh Sutarjo, seniman asal Yogyakarta.Selanjutnya anak-anak berstirahat sejenak di kantin sambil minum dan menonton video perjuangan TNI AL. Kemudian naik sampai ke atas patung monumen.

Sesudah itu, lanjut ke museum TNI AL yang baru direnovasi. Ada 3 ruangan yang dikunjungi yaitu gedung heritage dan hanggar, gedung teater, dan gedung replika KRI RE Martadinata. Di sana anak-anak bisa melihat koleksi pribadi tokoh TNI AL, koleksi persenjataan sejak sebelum kemerdekaan hingga saat ini, sampai koleksi alutsista.

Siswi kelas 3 Al Fill Ruby Aqueena Putri Sadewa menyatakan sangat senang diajak jalan-jalan dan belajar bersama-sama dengan teman di luar sekolah. “Mudah-mudahan kegiatan seperti ini sering dilaksanakan,” harapnya. (Ira/Fikri)

Serunya Mengenal Monumen TNI AL Jalesveva Jayamahe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *