Pada Ahad (17/3/24) tim jurnalis SD Muhammadiyah 11 Surabaya meliput suasana buka bersama di atrium Tunjungan Plaza 1. Banyak orang yang mencari takjil di mall tersebut. Sebanyak 27 stand yang memiliki beragam menu makanan dan minuman itu diserbu para pengunjung.

Pertengahan bulan Maret tahun 2024 ini mayoritas mall di Surabaya berlomba menyiapkan rangkaian kegiatan yang menarik bertema Ramadhan 1445 Hijrah. Supaya pengunjung tertarik ke mall, beragam strategi dilakukan seperti diskon belanja super besar, menggelar stand bazar kuliner makanan dan minuman, serta lomba bertemakan religi.

Untuk mencuri perhatian calon pembeli, mall dibuat bertaburan dekorasi yang menggabungkan ornamen-ornamen khas Ramadan. Contohnya gantungan ketupat, bedug, masjid, kubah, lentera, pohon kelapa, juga hewan unta, yang menampilkan warna-warna cerah seperti hijau, merah, biru, oranye, putih, dan warna lainnya.

Adanya fenomena musim buka bersama telah membuat mall sebagai pilihan alternatif untuk ngabuburit anak muda masa kini. Hal itu karena pihak mall telah menyiapkan fasilitas wifi gratis yang bisa diakses dengan mudah. Musim buka bersama yang dilaksanakan di luar rumah memiliki tujuan mempererat silahturahmi, meningkatkan kerja sama, dan mengisi waktu luang dengan yang bermanfaat.

Salah satu pengunjung yang masih duduk di bangku sekolah dasar menyatakan memilih mall sebagai tempat buka bersama keluarga. “Banyak menu makanan atau minuman membuat saya dan keluarga bisa memilih menu. Selain beragam, harganya pun terjangkau,” tutur Jihan Nabilah.

Bagi Jihan, buka puasa dengan keluarga dilakukan saat weekend atau hari libur kerja orang tua. “Rasanya tidak lengkap jika melewati hari-hari pada bulan Ramadhan tanpa ada acara bukber,” katanya.

Selain stand bazar, pengunjung juga dapat menyaksikan bakat drama musikal di atas panggung yang terletak satu area dengan stand. Adanya hiburan dan bazar menjadi incaran anak muda masa kini untuk sekadar nongkrong sembari bermain dengan gadget. (Kirana Aisha Kurnia/Fikri)

Bukber di Mall Jadi Fenomena Musiman Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *